Tuesday, July 2, 2013

Program Kerja Kepala Sekolah

A.     LATAR BELAKANG
            SMP Maraqitta’limat Mamben adalah sebuah SMP yang terletak di pinggir jalan, Dusun Omba Desa Mamben Daya, Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara geografis  letak SMP Maraqitta’limat Mamben sangat strategis, sehingga mudah dijangkau dari segala arah, tanpa adanya kendala yang cukup berarti. Ini terlihat dari asal  Input yang diterima ketika melakukan penjaringan pada saat melakukan kegiatan Penerimaan Calon Siswa Baru.

Program Kerja Kepala Sekolah

Kondisi strategis dari sisi geografis ini membuat input siswa-siswi SMP Maraqitta’limat Mamben tidak sedikit berasal dari luar kecamatan Wanasaba sendiri. Dari kenyataan tersebut memaksa SMP Maraqitta’limat Mamben untuk  menerima jumlah rombongan belajar yang cukup banyak, untuk tahun berjalan jumlah rombongan belajar 5 rombel dengan jumlah lokal yang hanya 3. Masing-masing rombel berisi sekitar 25 sampai dengan 26 siswa. Kondisi dan jumlah Output dari SD-SD sumber siswa SMP Maraqitta’limat Mamben tidak seimbang dengan kemampuan SMP Maraqitta’limat Mamben dalam menerima lulusan-lulusan SD tersebut.

Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar SMP Maraqitta’limat Mamben pada umumnya dan wali murid pada khususnya sangatlah beragam.  Dengan tingkat ekonomi rata-rata dari menengah ke bawah. Sebagian besar wali murid bekerja sabagai buruh tani, pedagang, dan wiraswasta dengan hasil yang minim dan pas-pasan. Kondisi masyarakat seperti ini membuat SMP Maraqitta’limat Mamben berpikir panjang untuk mengajak partisipasi masyarakat dalam penggalangan dana untuk pengembangan sekolah. Pada sisi lain sekolah sangat membutuhkan suntikan dana unuk menunjang kelancaran proses kegiatan sekolah.

Dari sisi politik dan keamanan lingkungan, kondisi SMP Maraqitta’limat Mamben sangatlah kondusif. Keadaan yang heterogen tidaklah membuat terjadinya gesekan-gesekan sehingga situasi dan kondisi sekolah tidak terpengaruh.
            Dari sisi lingkungan sekolah, SMP Maraqitta’limat Mamben cukup asri dengan lingkungan dan halaman yang cukup luas yang ditata rapi, disamping sebagaipenambah keindahan sekolah, lingkungan sekolah juga dipakai sebagai sarana belajar outdoor yang cukup sejuk dan nyaman.

Dari kondisi yang ada sekarang diharapkan ada peningkatan untuk tahun-tahun yang akan datang dari segala segi. Dari sisi sarana dan prasarana seperti buku diharapkan bisa mencapai 1 : 1 antar jumlah buku dengan jumlah siswa, sehingga buku sebagai bahan utama dalam proses belajar mengajar tidak lagi menjadi kendala utama. Dengan ratio 1 : 1 ini tentunya akan menjadi moivasi bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Demikian juga halnya dengan sarana yang lainnya seperti media pembelajaran, alat tulis kantor dan meubeler guru dan siswa, semua ini ditahun-tahun mendatang bisa ditingkatkan dari keadaan yang sekarang.
Dari aspek ketenagaan, kedepan guru diharapkan semuanya berkualifikasi minimal S1 (Sarjana) dan mengajar sesuai dengan bidangnya dengan jumlah beban  jam mengajar standar yaitu 24 jam/minggu, hal ini berpengaruh terhadap kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya, dengan beban jam mengajar yang terlalu banyak seperti sekarang ini menyebabkan siswa tidak tertangani secara optimal. Demikian juga dengan tenaga non guru yang menunjang terlaksananya proses pendidikan di sekolah seperti tata usaha, pustakawan, laboran bahkan penjaga sekolah, ratio dan kualifikasinya diharapkan sesuai dan seimbang dengan keadaan sekolah.

           Keadaan siswa satu tahun kedepan diharapkan tidak seperti sekarang ini, jumlah siswa yang terlalu padat dalam satu kelas membuat penanganan terhadap siswa itu sendiri tidak dilaksanakan oleh guru secara optimal, dengan jumlah 25 – 26 per rombel menyebabkan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan tidak berjalan sesuai dengan formatnya yang ideal (25 per rombel).
Dari sisi pembiayaan, diharapkan sekolah bisa menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk dijadikan sumber pembiayaan selain dari pemerintah pusat dan pemerintah  daerah serta yayasan. Keikutsertaan komite dan unsur wali murid akan membuat manajemen sekolah makin kokoh kuat.

 Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk itu setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama, dan gender. Pemerataan dan mutu pendidikan  akan membuat warga negara Indonesia memiliki keterampilan hidup (life skills) sehingga memiliki kemampuan untuk mengenal dan mengatasi masalah diri dan lingkungannya, mendorong tegaknya masyarakat madani dan modern yang dijiwai nilai-nilai Pancasila.

Pasal 31 UUD 1945 menyatakan bahwa (1) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan; (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya; (3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; (4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional; serta (5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Untuk dapat menjalankan amanat terhadap pembangunan pendidikan nasional, maka diperlukan kejelasan arah. Untuk itu SMP Maraqitta’limat Mamben sudah menuangkan ke dalam visi, misi, dan tata nilai yang harus dijalankan.

SEKOLAH : SMP MARAQITTA’LIMAT MAMBEN
NO
KOMPONEN
ASPEK
INDIKATOR
I
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR/PEDIDIK
1.      Kemampuan Membimbing Guru
a.      Kemampuan membimbing Program pengajaran/BK
b.      Melaksanakan Progam Pengajaran/BK
c.      Melaksanakan Evaluasi dan Analisis Hasil Evaluasi
d.     Melaksanakan Program perbaikan/pengajaran
2.      Kemampuan membimbing Kariyawan
a.      Kemampuan membimbing kariyawan dalam menyusun program kerja
b.      Kemampuan membimbing kariyawan dalam tugas sehari-hari
3.      Kemampuan membimbing siswa
a.      Kemampuan membimbing osis
b.      Kemampuan membimbing siswa untuk mengikuti lomba
c.      Kemampuan membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler
4.      Kemampuan memimbing Staf
a.      Melalui pendidikan dan pelatihan
b.      Melalui pertemuan sejawat, MGMP/MGBK
c.      Melalui seminar/diskusi
d.     Melalui bahan bacaan
e.      Memperhatikan kenaikan pangkat
f.       Mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi waka kesiswaan
5.      Kemampuan belajar/mengikuti perkembangan IPTEK
a.      Melalui pendidikan pelatihan
b.      Melalui pertemuan profesi (MKKS)
c.      Melalui seminar atau diskusi
d.     Melalui bahan bacaan
6.      Kemampuan memberi contoh mengajar yang baik
a.      Memiliki jadwal mengajar minimal 6 jam seminggu
b.      Memiliki 27 Perangkat Pembelajar Seperti, (Kaldik, Silabus, RPP, Prota, Promes, Absensi, Analisis Ulangan Harian dst.)
II
KEPALA SEKOLAH SBAGAI
MANAGER
1.      Kemampuan menyusun program
a.      Memiliki Program Jangka Panjang (8 Tahun)
b.      Memiliki Program Jangka Menengah (4 Tahun)
c.      Memiliki Program Jangka Pendek (1 Tahun)
2.      Kemampuan menyusun Organisasi Personalia
a.      Memiliki susunan Program Sekolah
b.      Memiliki personalia untuk kegiatan temporer
c.      Menyusun personalia untuk kegiatan temporer
3.      Kemampuan Meggerakkan staf, guru dan kariyawan
a.      Memberi arahan
b.      Mengkoordinasikan staf yang sedang melaksanakan tugas
4.      Kemampuan mengoptimalkan sumber daya sekolah
a.      Memanfaatkan Sumber daya manusia secara optimal
b.      Memanfaatkan sarana/prasarana secara optimal
c.      Membuat sarana dan prasarna milik sekolah
III
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR
1.      Kemampuan megelola Administrasi/KBM dan BK
a.      Memiliki kelengkapan data Administrasi KBM
b.      Memiliki kelengkapan data Adminstrasi BK

2.      Kemampuan mengelola administasi kesiswaan
a.      Memiliki kelengkapan data administrasi kesiswaan
b.      Memiliki kelengkapan data administrasi ekstrakulikuler
3.      Kemampuan mengelola administrasi ketenagaan
a.      Memiliki kelengkapan data administrasi tenaga guru
b.      Memiliki kelengkapan data administrasi tenaga kariyawan
4.      Kemampuan mengelola administrasi keunangan
a.      Memiliki administrasi keuangan rutin
b.      Memiliki administrasi keuangan of
c.      Memiliki adminstrasi keuangan
5.      Kemampuan mengelola administrasi sarana dan prasarana
a.      Memiliki data administrasi gedung dan ruang
b.      Memiliki data administrasi meubeler
c.      Memiliki data administrasi laboratorium
d.     Memiliki kelengkapan data administrasi perpustakaan
6.      Kemampuan mengelola administrasi persuratan
a.      Memiliki data administrasi surat keluar
b.      Memiliki data administrasi surat masuk
c.      Memiliki data administrasi surat keputusan
IV
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR/PEMBELA
1.      Kemapuan menyusun program supervisi
a.      Memiliki program supervisi KBM dan BK
b.      Memiliki program supervisi untuk kegiatan ekstrakulikuler
2.      Kemampuan melaksanakan program supervisi
a.      Memiliki program supervisi kelas khusus
b.      Melaksanakan program supervisi dadakan (klinis)
c.      Melaksanakan program supervisi untuk kegiatan ekstrakulikuler
3.      Kemampuan menggunakan program supervisi
a.      Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan guru dan kariyawan
b.      Memanfaatkan hasil supervisi untuk pengembangan sekolah
V
KEPALA SEOLAH SEBGAI LEADER/PEMIMPIN
1.      Memiliki kepribadian yang kuat
a.      Jujur,
b.      Percaya diri
c.      Bertanggung jawab
2.      Memahami kondisi bawahan dengan baik
a.      Memahami kondisi guru
b.      Memahami kondisi kariyawan
3.      Memiliki visi dan memahami misi sekolah
a.      Memiliki Visi tentang sekolah yang dipimpinnya
b.      Memahami visi yang diemban sekolah
4.      Memiliki kemampuan mengambil keputusan
a.      Mampu mengambil keputusan untuk intern sekolah
b.      Mampu mengambil keputusan untuk urusan ekstern sekolah
5.      Memiliki kemamuan berkomunikasi
a.      Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik
b.      Mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan
VI
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR
1.      Kemapuan mencari atau menemukan gagasan
2.      Kemapuan pembaharuan disekolah
a.      Mampu mencari gagasan
b.      Mampu memilih gagasan
a.      Mampu melakukan pembaharuan dibidang KBM dan BK
b.      Mampu melakukan pembaruan dibidang pengetahuan dan pembinaan guru, dan kariyawan.
c.      Mampu melakukan pembaruan dibidang kegiatan ekstrakulikuler
d.     Mampu melakukan pembaruan dalam menggali sumber daya KOMITE SEKOLAH dan masyarakat
VII
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI
MOTIVATOR
1.      Kemampuan mengatur lingkungan kerja (fisi)
a.      Mampu mengatur ruang kantor yang konduktif untuk bekerja
b.      Mempu mengatur ruang kelas yang konduktif untuk KBM dan BK
c.      Mampu mengatur ruang laboratorium yang konduktif untuk praktik
d.     Mampu mengatur halaman lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur
2.      Kemampuan suasan kerja (Non Fisik)
a.      Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru
b.      Mampu menciptakan yang harmonis sesama kariyawan
c.      Mampu menciptakan yang harmonis antara guru dan kariyawan
d.     Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara guru dan lingkungan
3.      Mampu menerapkan prinsip Penghargaan dan Hukuman
a.      Mampu menerapkan prinsip penghargaan (reward)
b.      Mampu menerapkan prinsip hukuman (permasalahan)


Mamben Daya, 02 Juli 2013
Kepala Sekolah,



SUPRATMAN, S.Pd.
NIP. 197212312007011202

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon