Thursday, September 1, 2016

Cara Membuat Jaringan IP Adress dengan Ad HOC (Computer to Computer)

Assalamu'aikum Wr..Wb..

Selamat Siang saya sampaikan kepada rekan-rekan semua semoga di hari jum'at yang barokah ini kita selalu diberikan kesehatan Oleh Allah SWT Amin.
Dengan adanya Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Dilingkungan Kementerian Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rebuplik Indonesia Tahun 2016 ini, agak memerlukan tenaga yang esktrim bagi para Operator Sekolah dimana saja berada, gimana ndk coba,, 1 PTK saja memiliki Kusioner Sebanyak 521 Soal yang harus dijawab, bisa dibayangkan kalau PTK lebih dari 20 atau 30 orang Wow..Kalau satu orang yang mengerjakan hadehh udah ane bayangin gimana to orang.

Kali ini kami akan membagikan tips bagaimana cara agar kita bisa melakukan pekerjaan yang menurut saya lumayan banyak ini dengan salah satu cara yaitu kita harus membagikan kepada masing-masing PTK itu sendiri untuk mengerjakan tugasnya biar Operator Sekolah sebagai monitoring saja..
Oke dah udah panjang lebar kayaknya saya berbicara tentang Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) ini berikut ini kami akan bagikan cara Menyambungkan IP Adress dari satu Komputer Ke Komputer yang lain diantaranya sebagai berikut: 


  1. Pertama klik logo jaringan pada toolbar sebelah bawah kanan layar desktop, dan klik Open Network and Sharing Center.

  2. Setelah membuka Open Network dan Sharing Center maka kita akan Pilih Set Up a New Connection or Network seperti gambar dibawah ini. 



33. Selanjutnya kita pada menu choose a connection option kita akan memilih Set Up a Wireless a hoc (computer to computer) kemudian pilih Next.


  4. Setelah kita next maka akan tampil menu berikut ini tinggal kita next saja lagi.

  5. Nah, sekarang kita akan membuat Nama Jaringan (Network) dengan mengisi Network name (sesuai Keinginan kita), kemudian Security type (biarkan saja seperti pada gambar) dan Security key (masukkan sesuai keinginan Anda) setelah itu Next.

  6. Setelah jaringan sudah kita buat maka kita akan klik logo jaringan pada toolbar sebelah bawah    kanan layar desktop.
Settingan  PC 1
   7. Langkah selanjutnya yaitu kita akan klik kanan Jaringan yang telah kita buat "Contoh" >Klik Sites maka akan tampil seperti gambar dibawah ini;  
      IP Adress      : 192.168.0.1  
      Subnet mask : 255.255.0.0


Settingan PC 2 
  8. Setelah kita setting PC 1 dengan cara seperti diatas, maka kita akan pindah ke PC kedua yaitu tidak jauh beda dengan cara settingan PC 1 langkah-langkah sebagai berikut: 
        a. Pastikan PC 2 terkoneksi dengan jaringan PC 1 yang telah dibuat 
        b. Setelah terkonneksi >pilih jaringan "Contoh", >Klik kanan, >Klik Sites kemudian setting IP                 Adressnya seperti gambar dibawah ini. 

    Untuk IP Adressnya:
     IP Adress      : 192.168.0.2  
     Subnet mask : 255.255.0.0
     Begitu juga dengan PC 3,4 dst..cukup menambahkan IP Adress 192.168.0.3, dst.
   
      Untuk melakukan tes apakah kedua komputer sudah terhubung, silahkan lakukan ping melalui cmd. Caranya tekan Win + R ketik cmd tekan enter atau dari All Programs, Accessories dan klik Command Prompt.
Jika command prompt sudah terbuka langsung saja ketikkan ping 192.168.0.2 dan tekan enter.

    Nah setelah selesai semua kita koneksikan silahkan PC1 membuka Aplikasi PMP sampai selesai Login setelah itu Pindah ke PC2 dengan menggunakan IP Adress 192.168.0.1:1745

     Catatan "jika belum juga Terkoneksi silahkan matikan dulu Feriwell caranya seperti gambar dibawah ini: 






  
    Sekian yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini semoga bermanfaat selamat mencoba..

Hadanallahu'aikum Ajmain 
Wassalamu'alaikum Wr..Wb..


By. Admin.

2 comments

terimakasih sdah berkunjung di blog smp pk guru..


EmoticonEmoticon