Wednesday, March 15, 2017

Visi Misi SMP MARAQITTA'LIMAT MAMBEN

SMP Maraqitta’limat Mamben merupakan salah satu SMP Swasta yang terletak di Dusun Omba Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat yang berdiri sejak tahun 1986 dan beroperasi tahun 1986, serta  menempati tanah seluas ± 20.000 m2. Lokasi sekolah dapat dikatakan di  Pedesaan pinggir jalan jurusan Mamben Daya ke Kembang Kerang dengan kondisi jalan menuju ke sekolah yang sudah baik (hotmix), dan letaknya dekat dengan Kota Kecamatan Wanasaba. Siswa sekolah berasal dari kawasan pemukiman penduduk sekitar  Dusun Omba, Bagik Longgik, Renga, Kalibening, Bagek Rebak, Montong Pace dan Kroya yang rata-rata orang tua mereka kurang perhatian dengan dunia pendidikan. Orang tua lebih mengarahkan anak-anaknya untuk membantu pekerjaan mereka di Rumah, di sawah, atau di kebun. Tapi minat para siswa sekolah cukup tinggi, hal ini terbukti dengan antusias mereka mau datang ke sekolah tepat waktu, bahkan satu jam sebelum pelajaran dimulai. 
Kondisi masyarakat lingkungan sekolah yang terletak di  wilayah pedesaan, dapat dikatakan sebagai masyarakat yang memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi. Mata pencaharian penduduk sekitarnya  adalah  bertani, berkebun, beternak, berdagang dan kebanyakan dari mereka bekerja buruh tani dan pembuat batu bata.  Beberapa anggota masyarakat bekerja sebagai TKI/TKW di luar negeri. Hal ini merupakan tantangan bagi pihak sekolah sekaligus menjadi motivasi untuk kemajuan sekolah ini demi menciptakan peserta didik yang berwawasan luas, mandiri dan berakhlakul karimah sehingga nasib mereka lebih baik dari orang tuanya.
Kondisi sosial ekonomi orang tua atau wali murid rata-rata menengah ke bawah, dan kebanyakan dari mereka tidak menamatkan Sekolah Dasar. Disamping itu juga masih sangat kurangnya partisipasi dan kepedulian masyarakat pada dunia pendidikan, sehingga kurang memperhatikan perkembangan anak. Visi dan misi yang jelas, pelan namun pasti perkembangan pemahaman dan pengetahuan masyarakat dapat meningkatkan arti pentingnya pendidikan meskipun secara bertahap.
Fasilitas yang dimiliki SMP Maraqitta’limat Mamben antara lain ruang kelas sejumlah 3 Ruangan, Musholla untuk pembinaan akhlak dan mengembangkan pengetahuan agama dan   Lapangan Olah Raga Serbaguna sebagai tempat pengembangan bakat dan minat siswa khusunya dibidang olahraga prestasi. 
SMP Maraqitta’limat Mamben memiliki tenaga pendidik berjumlah 21 orang  terdiri atas 1  orang  guru  PNS/Kepala  sekolah,  1 orang Guru Honor Daerah,  15  orang   guru  Tetap  Yayasan  dan  4  orang  GTT.                                                                                     
Sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa guru SMP minimal bekualifikasi ijazah S1 / Akta IV, kondisi guru di SMP Maraqitta’limat Mamben  95,83 % berkualifikasi ijazah S1 / Akta IV. Sedangkan Tata Usaha sebanyak 3 orang dan Penjaga sekolah 1 orang.
Guna meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, perlu disusun seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu yang disebut dengan kurikulum.
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben adalah kurikulum operasional  yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan ini meliputi tujuan pendidikan nasional yang disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di SMP Maraqitta’limat Mamben.
Pengembangan Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan Standar Nasional Pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi SMP Maraqitta’limat Mamben dalam mengembangkan kurikulum.

A. VISI SMP MARAQITTA'LIMAT MAMBEN

   “Terwujudnya Insan Yang Bertaqwa, Terampil  dan Berprestasi ”

B. MISI SMP MARAQITTA'LIMAT MAMBEN
    
a. Meningkatkan wawasan pengetahuan keagamaan dan mengaplikasikan dalam kehidupan.
b. Melaksanakan pembelajaran secara intensif, terjadwal, efektif, efisien dan tersentral pada peserta didik demi menumbuh kembangkan kemampuan, keterampilan, bakat dan minat peserta  didik.
c.   Menyelenggarakan program kegiatan kompetensi dan kompetisi untuk membudaya kan semangat keunggulan dan daya saing anak dalam keteampilan dan meraih prestasi.
d.   Melengkapi sarana prasarana dan fasilitas sekolah yang mendukung dalam peningkatan prestasi.
e. Menjalin kerja sama antara warga sekolah, orang tua siswa, Komite Sekolah, Stake Holder dan Instansi terkait secara rutin.

            L. 90% masyarakat dan pemerintah percaya atas produk dan bentuk-bentuk pelayanan sekolah.
C. TUJUAN SMP MARAQITTA'LIMAT MAMBEN
        1.  Tujuan Jangka Panjang
a.      Memiliki perangkat pembelajaran  kelas 7, 8 dan 9 untuk semua mata pelajaran sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
b.    Menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur dan berprestasi secara bertahap.
c.     Memenuhi keadilan dan pemerataan pendidikan bagi warga di lingkungan sekolah.
d.     Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang standar.
e.     Mencapai pendidikan yang bermutu dan bersaing.
f.      Memenuhi pengelolaan pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif, dan partisipatif.
g.     Seluruh warga sekolah terutama siswa, Tata usaha dan guru trampil dalam IPTEK.
h.     Seluruh warga sekolah terutama siswa dan guru dapat melaksanakan kewajibannya dengan penuh keikhlasan kepada Allah SWT.

2.  Tujuan Jangka Pendek
a.    Peningkatan Nilai  rata-rata Hasil Ujian Nasional.
b.    Memiliki siswa yang teladan, berprestasi dan mandiri dalam memanfaatkan lingkungan sekitar.
c.    Memiliki ruang pembelajaran.
d.   Memiliki kelompok olah raga dan prestasi, yang bisa memasyarakatkan olah raga.
e.   Memiliki tim Atletik yang dapat berprestasi di tingkat desa maupun kecamatan.
f.    75% siswa melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama.
g.   50% siswa menguasai keterampilan komputer program windows.
h.   Memiliki Regu Pramuka dan PMR.
i.    Memiliki Perpustakaan yang representatif dengan pelayanan yang optimal.
j.    Memiliki perangkat pendukung pembelajaran seperti, IPA, TIK, Olah Raga, Bahasa dan IPS.
k.   Memiliki Tenaga Guru Keterampilan dan Ruang Kesenian yang representatif.





Semoga bermanfaat..
By (Admin.)


EmoticonEmoticon