SMP
Maraqitta’limat Mamben merupakan salah satu SMP Swasta yang terletak di Dusun
Omba Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa
Tenggara Barat yang berdiri sejak tahun 1986 dan
beroperasi tahun
1986, serta menempati tanah
seluas ± 20.000 m2. Lokasi sekolah dapat dikatakan di Pedesaan pinggir jalan jurusan Mamben Daya ke
Kembang Kerang dengan kondisi jalan menuju ke sekolah yang sudah baik (hotmix),
dan letaknya dekat dengan Kota Kecamatan Wanasaba. Siswa sekolah berasal dari
kawasan pemukiman penduduk sekitar Dusun
Omba, Bagik Longgik, Renga, Kalibening, Bagek Rebak, Montong Pace dan Kroya yang
rata-rata orang tua mereka kurang perhatian dengan dunia pendidikan. Orang tua lebih mengarahkan
anak-anaknya untuk membantu pekerjaan mereka di Rumah, di sawah, atau di kebun.
Tapi minat para siswa sekolah cukup tinggi, hal ini terbukti dengan antusias
mereka mau datang ke sekolah tepat waktu, bahkan satu jam sebelum pelajaran
dimulai.
Kondisi masyarakat
lingkungan sekolah yang terletak di
wilayah pedesaan, dapat dikatakan sebagai masyarakat yang memiliki sifat
kekeluargaan yang tinggi. Mata pencaharian penduduk sekitarnya adalah
bertani, berkebun, beternak, berdagang dan kebanyakan dari mereka
bekerja buruh tani dan pembuat batu bata.
Beberapa anggota masyarakat bekerja sebagai TKI/TKW di luar negeri. Hal
ini merupakan tantangan bagi pihak sekolah sekaligus menjadi motivasi untuk
kemajuan sekolah ini demi menciptakan peserta didik yang berwawasan luas,
mandiri dan berakhlakul karimah sehingga nasib mereka lebih baik dari orang
tuanya.
Kondisi sosial ekonomi
orang tua atau wali murid rata-rata menengah ke bawah, dan kebanyakan dari
mereka tidak menamatkan Sekolah Dasar. Disamping itu juga masih sangat
kurangnya partisipasi dan kepedulian masyarakat pada dunia pendidikan, sehingga
kurang memperhatikan perkembangan anak. Visi dan misi yang jelas, pelan namun
pasti perkembangan pemahaman dan pengetahuan masyarakat dapat meningkatkan arti
pentingnya pendidikan meskipun secara bertahap.
Fasilitas yang dimiliki
SMP Maraqitta’limat Mamben antara lain ruang kelas sejumlah 3 Ruangan, Musholla
untuk pembinaan akhlak dan mengembangkan pengetahuan agama dan Lapangan Olah Raga Serbaguna sebagai tempat
pengembangan bakat dan minat siswa khusunya dibidang olahraga prestasi.
SMP Maraqitta’limat Mamben memiliki tenaga pendidik berjumlah
21 orang terdiri atas 1 orang guru PNS/Kepala sekolah, 1 orang Guru Honor Daerah, 15 orang guru Tetap Yayasan dan 4 orang
GTT.
Sesuai dengan ketentuan
yang ada bahwa guru SMP minimal bekualifikasi ijazah S1 / Akta IV, kondisi guru
di SMP Maraqitta’limat Mamben 95,83 % berkualifikasi ijazah S1 / Akta IV. Sedangkan Tata
Usaha sebanyak 3 orang dan Penjaga sekolah 1 orang.
Guna meningkatkan kualitas pembelajaran
sesuai dengan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, perlu disusun
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu yang disebut dengan kurikulum.
Kurikulum SMP
Maraqitta’limat Mamben adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh
masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Tujuan ini meliputi tujuan pendidikan nasional yang disesuaikan
dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta
didik. Oleh sebab itu Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben disusun untuk
memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang
ada di SMP Maraqitta’limat Mamben.
Pengembangan Kurikulum SMP Maraqitta’limat
Mamben mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian
tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar
isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana,
pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan Standar
Nasional Pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi SMP Maraqitta’limat Mamben dalam
mengembangkan kurikulum.
A. VISI SMP MARAQITTA'LIMAT MAMBEN
“Terwujudnya Insan Yang Bertaqwa, Terampil dan Berprestasi ”
B. MISI SMP MARAQITTA'LIMAT MAMBEN
a. Meningkatkan wawasan pengetahuan keagamaan dan mengaplikasikan
dalam kehidupan.
|
b. Melaksanakan pembelajaran
secara intensif, terjadwal, efektif, efisien dan tersentral pada peserta
didik demi menumbuh kembangkan kemampuan, keterampilan, bakat dan minat
peserta didik.
|
c. Menyelenggarakan program kegiatan kompetensi dan kompetisi untuk
membudaya kan semangat keunggulan dan daya saing anak dalam keteampilan dan
meraih prestasi.
|
d. Melengkapi sarana prasarana dan fasilitas sekolah yang mendukung
dalam peningkatan prestasi.
|
e. Menjalin kerja sama antara warga sekolah, orang tua siswa,
Komite Sekolah, Stake Holder dan Instansi terkait secara rutin.
|
C. TUJUAN SMP MARAQITTA'LIMAT MAMBEN
1. Tujuan Jangka Panjang
a.
Memiliki
perangkat pembelajaran kelas 7, 8 dan 9
untuk semua mata pelajaran sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP).
b. Menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur dan
berprestasi secara bertahap.
c. Memenuhi
keadilan dan pemerataan pendidikan bagi warga di lingkungan sekolah.
d. Memiliki
sarana dan prasarana pembelajaran yang standar.
e. Mencapai
pendidikan yang bermutu dan bersaing.
f.
Memenuhi pengelolaan pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif,
dan partisipatif.
g. Seluruh warga sekolah terutama siswa, Tata usaha dan guru
trampil dalam IPTEK.
h. Seluruh warga sekolah terutama siswa dan guru dapat
melaksanakan kewajibannya dengan penuh keikhlasan kepada Allah SWT.
2. Tujuan Jangka Pendek
a. Peningkatan Nilai
rata-rata Hasil Ujian Nasional.
b. Memiliki siswa yang teladan, berprestasi dan mandiri
dalam memanfaatkan lingkungan sekitar.
c. Memiliki ruang pembelajaran.
d. Memiliki kelompok olah raga dan prestasi, yang bisa
memasyarakatkan olah raga.
e. Memiliki tim Atletik yang dapat berprestasi di tingkat
desa maupun kecamatan.
f. 75% siswa melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama.
g. 50%
siswa menguasai keterampilan komputer program windows.
h. Memiliki Regu Pramuka dan PMR.
i. Memiliki Perpustakaan yang representatif dengan pelayanan
yang optimal.
j. Memiliki perangkat pendukung pembelajaran seperti, IPA,
TIK, Olah Raga, Bahasa dan IPS.
k. Memiliki
Tenaga Guru Keterampilan dan Ruang Kesenian yang representatif.
Semoga bermanfaat..
By (Admin.)
EmoticonEmoticon